By Mutiara Alzaina Febriandini
Assalamualaikum temen - temen blogger. Apa kabarnya nih ? saya harap kalian dalam keadaan baik dan sehat ya.Jangan bosen - bosen sama saya nih hehe.
Sesuai judulnya saya mau membahas bisnis model canvas. Sebelumnya temen - temen blogger udah tau belum nih bisnis model canvas itu sebenarnya apa dan penting gk si buat bisnis kita ?.
Bisnis Model Canvas
Bisnis model canvas atau disingkat juga (BMC) adalah kerangka kerja yang dikenal banyak mendefinisikan model bisnis startup. Bisnis model canvas disusun dengan tujuan untuk menjelaskan, menilai, memvisualisasikan, serta mengubah model bisnis sehingga kinerja yang dihasilkan oleh startup lebih maksimal. Bisnis model canvas pertama kali dikenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation. Alexander mencoba menjelaskan sebuah framework sederhana untuk mempresentasikan elemen - elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis.a
Dalam bisnis model canvas terdapat 9 elemen penting yang harus kita miliki, diantaranya :
1. Customer segments (Segementasi Konsumen)
2. Value Proposition ( Proposisi Nilai Konsumen)
3. Channels (Saluran)
4. Revenue Streams (Sumber Pendapatan)
5. Key Resources (Sumber Daya)
6. Customer Relationship (Hubungan Konsumen)
7. Key Activities (Aktivitas Yang Dijalankan)
8. Partnership (Kerjasama)
9. Cost Structure (Struktur Biaya)
BMC Angkringan
Gambar diatas adalah bisnis model canva yang saya buat untuk membangun bisnis yang rencananya saya akan jalankan.Terdiri dari 9 elemen :
1. Customer Segments
Elemen pertama yang harus dimiliki kita menargetkan segmentasi pelanggan.Pelanggan yang saya targetkan disini adalah pelajar dan mahasiswa baik laki-laki maupun perempuan kenapa saya memilih mahasiswa dan pelajar karena pada dasarnya saya mau membuat tempat makan sekaligus tempat nongkrong anak muda.
2. Value Propositions
Elemen kedua yaitu keunggulan produk dan manfaat yang didapat pelanggan dari produk kita tujuannya ini agar pelanggan tidak berpaling dari produk yang telah kita buat. Keunggulan produk yang saya depankan yaitu pelanggan dapat membeli makanan dan minuman yang lezat, berkualitas dan mengenyangkan dengan harga terjangkau. Manfaat yang didapat pelanggan tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan makanan dan minuman yang lezat berkualitas dan juga mengenyangkan.
3. Channels
Yang ketiga adalah saluran untuk memasarkan produk kita. Dengan elemen yg ketiga ini kita bisa memberitahu keunggulan produk kita kepada pelanggan dengan jelas. Media sosial bisa banget kita pakai buat promosi produk kita karna sekarang zamannya teknologi dan juga sekarang ada website dan juga ojek online pelanggan gk perlu khawatir untuk keluar rumah masa pandemi karena mereka bisa memesan lewat ojek online dan melihat menu yang tersedia lewat website dan juga media sosial.
4. Revenue Streams
Yang keempat adalah Sumber pendapatan yang kita peroleh dari produk yang kita buat maka dari itu kita harus semaksimal mungkin untuk membuat suatu produk. Kita harus semaksimal mungkin membuat suatu produk yang kita tawarkan kepada pelanggan karena pelanggan yang menilai produk yang kita buat karena pelanggan yang membeli dan memakai produk kita. Sumber pendapatan usaha yang ingin saya jalankan yaitu dari makanan dan minuman karena itu produk unggulan yang saya ingin tawarkan.
5. Key Resource
Yang kelima yaitu sumber daya produk kita seperti bahan baku, stok barang, sumber daya manusianya, dan proses operasionalnya. Kita harus mengamati dimulai dari karyawan kita yang menaati peraturan dan SOP, melihat tempat makan, alat makan bersih atau tidak agar pelanggan nyaman makan di tempat kita.
6. Customer Relationship
Yang keenam menjaga hubungan perusahaan dengan pelanggan. Kita harus banget menjaga hubungan sama pelanggan agar pelanggan nyaman memakai jasa/barang dari bisnis kita jadi pelanggan tidak berpaling ke bisnis lain yang serupa dengan kita. Cara yang saya pilih menjaga hubungan dengan pelanggan yaitu pelanggan dapat mencoba sampel gratis jika ada menu baru.
7. Key Activities
yang ketujuh adalah semua aktivitas yang dijalankan berhubungan dengan sebuah produk dimana kegiatan utamanya menghasilkan proposisi nilai. Membuat makanan dan minuman, melayani pelanggan dengan ramah merupakan key activities usaha yg ingin saya jalankan nanti.
8. Key Partnership
yang kedelapan yaitu pengorganisasian barang dengan layanan lainnya. Posisi partner kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas key activities yang telah dibuat. Partner usaha paling utama pasti staff dan karyawan baru perusahaan lain karena kalau staff dan karyawan kita sendiri saja tidak mau bekerja sama dengan baik bagaimana mau mengajak kerjasama perusahaan lain. Ojek online juga merupakan key partnership karena memiliki peran sebagai pengantar makanan.
9. Cost Structure
Terakhir adalah struktur biaya kita harus mengelola biaya secara efisien untuk membuat bisnis yg dijalani menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan resiko kerugian. Kita harus mengelola keuangan bisnis dengan benar seperti mengelola pembayaran gaji karyawan, uang sewa tempat makan dan pembelian bahan makanan dan minumannya.
Apakah temen - temen blogger sudah paham apa yang saya bahas ? semoga paham dan bermanfaat buat kalian ya. Bisnis Modal Canvas itu penting karena usaha kalian jadi memiliki konsep dan kerangka. Jika ada perusahaan lain yg nantinya mengajak perusahaan kalian kolaborasi kalian gk perlu bingung jika ditanya mau menargetkan pelanggan dan lain sebagainya karena kalian sudah punya kerangkanya.
Bagi yang mau menyerap ilmu kewirausahaan bisa banget nih tap website dibawah ini :
http://marsudi.id/
Oiya kampus saya juga lagi buka pendaftaran mahasiswa baru kalo mau infonya bisa cek websitenya di :
https://stiami.ac.id/
Segitu dulu ya temen - temen blogger pembahasan kali ini, jika saya ada salah mohon dimaafkan dan jangan lupa jaga kesehatan selalu ya waassalamualaikum.
Komentar
Posting Komentar