OKR ( Objective Key & Results )

Assalamualaikum, temen - temen blogger udah lama nih kita gak ketemu, apa kabarnya nih ? mau lockdown lagi huhuhu. Yuk, tetap semangat menjalani aktivitas dan tetap patuhi protokol kesehatan ya. Disini saya mau bahas OKR nih, temen - temen blogger ada yg tau sebelumnya? yap, mari kita bahas.


APA ITU OKR ?

OKR ( Objective Key & Results ) adalah metode sistematis yang digunakan untuk menentukan tujuan dan cara mengukur pencapaian tujuan tersebut. OKR membantu memfokuskan prioritas kerja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut, serta apa saja yang harus dilakukan untuk memantau eksekusi perencanaan tersebut. Metode OKR disebut-sebut sebagai pembawa andil dari pesatnya pertumbuhan Google. OKR pertama kali diciptakan oleh Andy Grove di Intel, dan mengajarkannya kepada John Doerr. John Doerr pada saat itu berinvestasi di Google yang masih berbentuk startup di tahun 1999. Ia kemudian mempopulerkan penggunaannya di Googles serta menulis buku berjudul “Measure What Matters”. Sejak saat itu, banyak perusahaan startup maupun mapan yang mengadopsi metode tersebut, termasuk Netflix, LinkedIn, dan Twitter.

OKR terdiri dari dua unsur, yaitu Objective dan Key ResultsObjective merupakan tujuan yang ingin dicapai. Objective bersifat kualitatif dan harus bersifat SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant, Time-bound. Biasanya, tujuan ini harus singkat, menginspirasi, dan menarik. Selain itu, tujuan harus sedikit ambisius sehingga ketika gagal pun, pencapaian yang dihasilkan tetap substantial. Filosofi dibalik OKR adalah ketika perusahaan selalu mencapai 100% tujuan mereka, artinya tujuan tersebut terlalu mudah. Tujuan OKR dikenal dengan istilah stretch goalsBiasanya, ketercapaian tujuan tersebut kurang lebih 60-70%.

Key results menentukan benchmark dan memantau bagaimana untuk mencapai objective tersebut. Key result yang efektif haruslah spesifik, memiliki rentang waktu, realistis, dan yang terpenting dapat diukur. KR terdiri dari 2 hingga 5 per objective. KR bersifat kuantitatif dan biasanya dinilai dengan menggunakan angka (misalnya skala 0-1.0)


KEUNTUNGAN MENERAPKAN OKR


Keuntungan menerapkan OKR apa sih ? keuntungan menerapkan OKR yaitu :

1. Menyatukan Perusahaan

Karena OKR sifatnya menurun dan memiliki keterkaitan yang erat antar tiap divisinya, maka hal tersebut akan mampu menyatukan perusahaan secara efektif.

2. Karyawan Dapat Bekerja Lebih Jelas dan Fokus

Selain itu, OKR juga mampu memberikan keuntungan bagi produktivitas karyawan, karena para karyawan akan mengetahui apa yang harus mereka kerjakan secara lebih jelas, dan hal tersebut mampu membuat mereka untuk bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugasnya.

3. Transparan

OKR dibuat agar seluruh pihak yang ada di dalam perusahaan bisa lebih mudah mengerti dan memprioritaskan transparansi yang ada.

4. Mempercepat Hasil

Perusahaan  akan lebih cepat untuk mendapatkan segala hasil yang diinginkan karena karyawan yang dimiliki perusahaan bisa lebih fokus lagi dalam meningkatkan performanya.
Apa Bedanya OKR & KPI ( Key Performence Index ) ?

Banyak orang yang mengira bahwa OKR sama dengan KPI. Padahal, keduanya berbeda jauh. Adapun KPI atau Key Performance Indicators adalah tolak ukur terhadap pencapaian pada tingkat tertentu dalam sebuah bidang aktivitas tertentu atau indikator kinerja utama yang akan dievaluasi. KPI ini serupa dengan Key Results dalam OKR, yaitu tolak ukur terhadap tujuan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa poin dari perbedaannya: 

Penyusunan

Penyusunan KPI terhubung pada level yang lebih tinggi diatasnya serta  job description dari pemegang posisi. Sasaran KPI biasanya dapat diperoleh dan mewakili keluaran dari suatu proses atau proyek yang sudah ada. Hal ini berbeda dengan OKR. Penyusunan OKR sesuai tujuan organisasi dan boleh pula disusun berdasarkan proyek perseorangan atau pribadi serta sasaran OKR agak lebih agresif dan ambisius. Ide di balik strategi ini adalah untuk mendorong tim tampil jauh lebih baik.

Pelaporan

Setiap pekerjaan pasti ada pelaporan sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi. Perbedaan selanjutnya adalah dalam aspek pelaporan. KPI umumnya dilaporkan setiap satu kuartal dan tahunan. Kemudian pihak perusahaan akan membandingkan KPI terkini dengan KPI di periode sebelumnya. Sedangkan OKR mempunyai frekuensi lebih pendek, bisa mingguan dan bulanan tergantung kebijakan perusahaan.

Implementasi

KPI cocok diimplementasikan apabila perusahaan sudah memiliki rencana atau proyek yang serupa sebelumnya dan sangat mudah untuk menambahkan sistem pengukuran ke proyek dan proses yang sedang berlangsung. Namun, jika perusahaan memiliki visi yang lebih besar atau ingin mengubah arah secara keseluruhan, OKR mungkin menjadi alternatif yang lebih baik. 
BAGAIMANA CARA MEMBUAT OKR

Langkah pertama dalam cara membuat OKR adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai terlebih dahulu. Nah, ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah memastikan bahwa tujuan ini bisa membuat perusahaanmu semakin maju. Menurut Piktochart, tujuan dalam OKR harus jelas. Tujuan yang ditetapkan harus mendeskripsikan hasil akhir, bukan aktivitas atau hal yang dilakukan. Selain itu, dalam tujuan juga harus jelas batas waktunya. Tak kalah penting, aspek ini pun harus bisa diukur pencapaiannya.

Idealnya, tujuan dalam rencana OKR pun tidak terlalu banyak. Disarankan untuk menetapkan tiga hingga empat tujuan saja dalam satu kuartal atau satu tahun. Jika ada banyak yang ingin dicapai, prioritaskanlah yang paling penting bagi perusahaan. Dengan begitu, tim juga bisa bekerja dengan lebih fokus.

2. Menentukan key result

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan dalam cara menyusun OKR adalah membuat key resultNah, seluruh anggota timmu perlu dilibatkan untuk membuat key result dalam OKR. Sesuaikan key result dengan objective atau tujuan yang sudah ditentukan di tahap sebelumnya.

Key result harus menjawab pertanyaan bagaimana tujuan tersebut bisa dicapai. Seperti tujuan, key result juga harus bisa diukur dengan angka agar perkembangannya bisa dipantau. Untuk menetapkan key result, kamu bisa menggunakan metode SMART, yaitu specific, measurable, actionable, relevant, dan time bound.

3. Membentuk initiative

Dalam membuat OKR, initiative adalah cara atau hal yang perlu dilakukan untuk mencapai key result dan memenuhi tujuan yang sudah dibuat.
Initiative ini harus spesifik. Maksudnya, cakupannya harus jelas agar aksi yang harus dilakukan bisa dipahami tanpa ada kebingungan.
Untuk membuat initiative, jangan gunakan kata-kata yang ambigu. Gunakanlah kata yang jelas dan spesifik, contohnya seperti meningkatkan, memperbaiki, dan lainnya. Alangkah baiknya juga apabila initiative yang ditetapkan bersifat independen.
Jadi, tanpa bergantung pada hal atau orang lain, initiative tersebut tetap bisa dilakukan dan diselesaikan. Dengan begitu, setiap anggota tim memiliki tanggung jawab penuh akan penyelesaian initiative tersebut sehingga OKR bisa tercapai.

BAGAIMANA CONTOH OKR
Contoh OKR yang diterapkan di Wardah cosmetics :
Objective :
Mengembangkan brand produk wardah
Key results :
- Memperbanyak produksi produk 
- Mengeluarkan produk baru
- Memasarkan produk tidak hanya lewat media pasar tetapi juga iklan dan promosi lainnya
- Meningkatkan pendapatan perusahaan
- Memperbanyak cabang toko wardah kosmetik.

Objectives and key results atau OKR  adalah salah satu metode yang akhir-akhir ini sedang populer digunakan dalam menilai suatu kinerja karyawan. Pada umumnya, terdapat berbagai metode yang bisa digunakan untuk mengukur performa karyawan, dan salah satu yang paling banyak digunakan adalah KPI atau key performance indicator.

Tapi seiring berkembangnya zaman, maka ditemukan juga cara lain yang mampu meningkatkan performa karyawan yang didalamnya juga bisa diintegrasikan dengan perkembangan bisnis perusahaan. Walaupun sebagian orang masih jarang mendengar metode ini, tapi sebenarnya metode ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan startup teknologi, lalu mulai digunakan juga setelahnya oleh beberapa perusahaan lain.

Bagi yang mau menyerap ilmu kewirausahaan bisa banget nih tap website dibawah ini : http://marsudi.id/ 

Oiya kampus saya juga lagi buka pendaftaran mahasiswa baru loh, kalo mau infonya bisa cek websitenya di : https://stiami.ac.id/

Segitu dulu ya temen - temen blogger pembahasan kali ini,  jika saya ada salah mohon dimaafkan dan jangan lupa jaga kesehatan selalu ya waassalamualaikum.
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seorang Entrepreneur

Apa Itu Bisnis Model Canvas ?

Bisakah Saya Menjadi Seorang Entrepreneur ?